Tadi malam saya berdiskusi dengan salah seorang teman tentang apa sih yang mau kami capai dalam hidup ini. Kami masih muda, banyak pilihan kesempatan yang bisa kami pilih. Namun dia bilang begini.

Hidup itu adalah proses, bukan tujuan. Lingkungan bisa mengubah segalanya. Bisa buat yang tadinya ga suka menjadi suka, atau sebaliknya. Jadi jangan gampang menyatakan suka atau tidak suka terhadap sesuatu. Karakter orang-orang di sekitar juga dapat merubah kita. Jadi, bisa saja proses itu berubah dan hasil akhir akan berbeda dengan. Ada banyak jalan di hidup ini. Satu belokan kecil akan menghasilkan ujung yang berbeda. Nah, silahkan lo artikan dan simpulkan sendiri.

Baru kali ini ada orang yang bisa memberikan nasihat tanpa ada tendensi sedikitpun. Dia bisa paksa gw untuk mikir dan evaluasi proses yang gw alami sekarang. Karena setiap detik dalam hidup kita, kita selalu membuat keputusan. dan setiap keputusan tersebut bisa membawa kita ke arah yang berbeda.

Gw sadar, gw sedang di persimpangan jalan yang membutuhkan keputusan besar. Keputusan ini akan membawa gw ke arah yang sangat berbeda. Dan sampai sekarang gw masih blm bisa memutuskan. Padahal yang namanya kesempatan itu datangnya seperti ‘maling’, kita ga tau kapan kesempatan itu datang dan pergi. Semakin lama gw tunda keputusannya, bisa-bisa gw kehilangan kesempatannya. *sigh*

Gw harus banyak berdoa sepertinya, supaya Allah SWT menunjukkan jalan terbaik.