Beberapa minggu belakangan, di google reader saya banyak artikel yang menyebutkan bahwa akan ada browser baru untuk para social network-ers. Browser tersebut bernama RockMelt. RockMelt ini browser berbasis Chrome yang katanya sih bakalan lebih enak facebook-an dan twitter-an klo pake browser ini. Pas saya kunjungi websitenya, ternyata belum bisa di-download. Jadi, saya daftarin dulu aja email saya supaya dapet kabar kalo si RockMelt udah bisa di-download.

Kemarin pagi, saya dapet email dari RockMelt developer bahwa sekarang saya sudah bisa icip-icip browsernya mereka yang baru. Yeaaayy! Nah, sekarang saya mau bahas sedikit nih ttg apa yang sudah saya eksplor.

Beginilah tampilan ketika Anda pertama kali menjalankan RockMelt. Untuk menggunakan RockMelt, Anda harus punya akun facebook dulu dan login menggunakan akun tersebut.

image

Nah, ada masalah nih kalau Anda mau mengakses RockMelt dengan koneksi yang berproxy, contohnya dari kampus ITB. Proxy, username, dan password hanya bisa diset ketika sudah berada di halaman utama RockMelt, sedangkan untuk masuk ke halaman utama RockMelt, pengguna harus login dulu ke facebook. Jadinya ga bisa akses RockMelt deh.

Nah, ini tampilan halaman utamanya RockMelt!

image

Menurut saya, tampilan ini perpaduan antara opera dan chrome. Bentuk tab trapesioumnya seperti chrome, tapi menunya ada di sudut kiri atas seperti opera. Open-mouthed smile Di bagian kiri ada sidebar yang menunjukkan siapa saja teman facebook kita yang sedang online. Di sebelah kanan, ada sidebar yang menunjukkan extension yang ada pada RockMelt.

Jika Anda mengklik tombol yang ada di pojok kiri bawah, Anda dapat melakukan pencarian terhadap teman Anda di facebook. Seperti ini misalnya.

image

Saya mencari teman saya yang bernama Alsa. Kemudian saya bisa menandai teman saya itu sebagai favorit dengan cara mengklik tanda bintang di samping namanya. Jika Anda ingin melihat daftar teman favorit Anda, klik tombol bintang di sudut kiri atas, maka sidebar kiri Anda hanya akan menampilkan teman favorit Anda.

image

Ketika Anda mengklik foto teman Anda di sidebar kiri, akan muncul window seperti ini.

image

Di window ini, Anda dapat chatting dengan teman Anda, kirim facebook message, post wall, atau lihat recent activitynya. Tampilan chattingnya menurut saya juga lebih enak, soalnya colorful dan tidak mengeluarkan suara dan notifikasi yang annoying seperti  ketika chatting di halaman facebook. Sayangnya, RockMelt ini belum mendukung messenger lain, seperti yahoo messenger, gtalk, atau skype. Tapi saya sih berharap para developer memasukkan fitur ini untuk pengembangan berikutnya, sehingga nantinya seluruh aktivitas sosial bisa diakses melalui satu window saja.

Anda juga bisa mengupdate status melalui RockMelt. Cukup klik foto Anda di pojok kiri atas, Anda bisa update status twitter atau facebook Anda.

image

Sharing halaman web, jadi lebih mudah lagi. Cukup klik Share di samping alamat web. RockMelt pun menyediakan pilihan untuk memendekkan alamat link secara otomatis.

image

Nah, di sidebar kanan ini tempatnya para extension. Klik tombol yang ada di paling bawah. Akan muncul window berisi daftar extension yang dimiliki RockMelt. Anda bisa memilih extension mana saja yang ingin Anda tampilkan di sidebar kanan dengan mengklik tanda bintang. Bisa juga menambahkan halaman web yang ingin Anda ikuti. Sidebar kanan ini bisa berfungsi juga sebagai RSS reader Anda.

image

Anda bisa melihat timeline Anda melalui extension twitter yang telah disediakan. Tinggal klik icon twitter pada sidebar sebelah kanan. Si extention twitter ini bisa ngasih notif klo ada tweet baru dan bisa liat juga tweet yang mention kita. Tapi sayangnya fitur direct message belum disupport sama si extension twitter ini.

image

Oh iya, kita bisa mengelola lebih dari 1 account twitter lho. Nah, fasilitas ini memudahkan saya untuk ngontrol dua account twitter, twitter pribadi (@lovinta) dan twitternya LayangLayang Mobile (@LayangLayangMbl).

Untuk extension facebook, kita bisa lihat news feed dari account facebook kita. bisa difilterberdasarkan list teman juga lho.

image

Selain itu bisa lihat notifikasi, foto, dan wall di profile kita juga. Sayangnya, kita masih belum bisa membaca message di RockMelt, ini walaupun ngirim message sudah bisa dilakukan dari RockMelt.

image

Kemudian, saya perkaya si RockMelt ini dengan menambahkan chrome extension favorit saya, seperti misalnya neat bookmark, session buddy, proxy switchy, awesome screenshot, dan plurkium. Ini contoh halaman si plurkiumnya.

image

Pengelompokan para extension di sidebar kanan menurut saya lebih apik dibanding di Chrome yang mengelompokkan extensionnya di pojok kanan atas. Jadinya lebih rapih. Hehe.

 

 

Sekian deh review saya tentang RockMelt. Buat yang belumdapet invitationnya, sabar menunggu sampe RockMeltnya bener-bener bisa di-download ya. Open-mouthed smile

 

Anyway, Selamat Idul Adha bagi yang merayakan.