Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya presentasi di BME Days 2010.

Buat yang belum tahu, BME itu adalah singkatan dari BioMedic Engineering. Nah, mulai dari sekitar awal tahun ini, saya ikut risetnya Bu Putri di KK Biomedik STEI ITB. Risetnya tentang pertukaran data elektronik rekam medis (Electronic Health Record/EHR). Jadi nanti antar institusi kesehatan bisa tuker-tukeran data pasien deh. Trus riset ini dibikin papernya dan disubmit ke BME Days 2010, konferensi internasional untuk biomedik. Eh, ternyata diterima deh.ūüėÄ Jadilah saya presentasi paper yang saya submit ini.

BME Days 2010 ini bertempat di  gedung robotika ITS (Institut Teknologi SepuluhNovember bukan Surabaya). Gedungnya masih baru, masih ada kabel kabel gitu, tapi oke sih. Desain gedungnya kaya kapal tenggelam gitu. Mungkin karena gedungnya deket sama Politeknik Perkapalan-nya ITS kali ya. Makanya desainnya mirip-mirip kapal gitu.. hehe.
Pas hari presentasinya, saya ga sempet nonton si keynote speech nya, soalnya nganterin temen ke Dr. Sutomo. Baru dateng pas udah deket-deket coffee break. Cerdas kan? Hehe.
Pas presentasi paralel, ada beberapa orang yang presentasi.
Presentasi 1,  mengukur di suatu rumah sakit tuh area yg paling dikit kena radiasi (efek dari radiologi) tuh dimana. ada alat untuk ngukur si radiasinya.
Presentasi 2, emotion recognition, melalui mimik wajah. Tapi itu tuh masih tergantung orangnya. Jadi kayanya belum nemuin baseline untuk setiap wajah orang. (Saya punya ide riset untuk ini, dipublish nanti-nanti dulu).
Presentasi 3, adalah presentasi tentang Data Center untuk pertukaran data EHR. Harusnya Alsa nih yang presentasi, tapi akhirnya Mba Chitra (anggota periset lainnya) yang presentasi. Untung Mba Chitra bahasa Inggrisnya keren dan banyak cerita tentang contoh-contoh kasus tentang si EHR ini. Jadinya meringankan beban saya pas presentasi.
Presentasi 4, adalah presentasi tentang Adapter, saya yang presentasi. Adapter ini yang mengkonversi dari format penyimpanan EHR di puskesmas ke format standar openEHR.
Presentasi 5, adalah presentasi dosen Universitas Negeri Yogyakarta, tapi lagi S3 di ITS. Papernya tentang speech recognition untuk orang yang berbicara dengan menggunakan rongga di perut. Jadi di-recognize dari pulse suaranya.
Sekian deh cerita-cerita saya tentang BME Daysnya. Kalo mau tanya-tanya tentang riset saya, langsung japri aja. Hoho.