Apakah Anda seringkali meninggalkan barang Anda di suatu tempat? Atau lupa harus melakukan apa hari ini? Saya punya tips-nya nih.

Setiap hari sebelum Anda tidur, ingat-ingat kembali kronologis kegiatan Anda hari ini. Catat hal-hal penting yang terjadi hari ini dan beri label untuk  setiap kegiatan Anda. Misalnya beri label ‘memorable’, ‘harus diperbaiki’, ‘sudah beres’, dan sebagainya. Sesuaikan label tersebut dengan keperluan Anda. Setelah itu, buatlah to-do-list untuk esok hari, jika terurut lebih baik. Jangan lupa untuk memberi urutan prioritas untuk setiap kegiatan. Kemudian bayangkan Anda melakukan kegiatan tersebut di keesokan harinya.

Di pagi hari, sebelum Anda memulai kembali kegiatan, baca kembali to-do-list yang Anda buat pada malam sebelumnya. Kembali bayangkan Anda akan melakukan hal tersebut hari ini.

Malam harinya lagi, sebelum Anda tidur, baca kembali to-do-list hari ini dan pencapaiannya. Tambahkan kegiatan yang Anda lakukan hari ini, tapi belum ada di list. Jangan lupa untuk beri label pada setiap kegiatan. Kemudian buat kembali to-do-list untuk keesokan harinya. Dan siklus pun kembali berulang.

Sebenarnya tips ini belum terbukti 100% berhasil. Saya sendiri juga masih sering meninggalkan barang di sana-sini. Tapi, hal ini sangat membantu saya untuk tetap fokus dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil!