Google Blogs adalah fasilitas yang disediakan oleh Google untuk melakukan pencarian di blog. Google blogs ini biasa saya gunakan jika saya sedang mengikuti suatu topik tertentu. Saya cari topik tersebut kemudian Google blogs akan menampilkan blog-blog yang relevan. Misalnya nih, saya mau cari tentang mobile application trend, maka google blogs akan menampilkan halaman seperti gambar berikut.

Pencarian dengan Google Blogs

Google blogs akan menampilkan artikel-artikel blog yang relevan dengan pencarian dan juga memberikan saran blog-blog yang memang memiliki topik relevan (1). Anda dapat membatasi artikel yang ditampilkan Google blogs berdasarkan waktu artikel diterbitkan (2). Google blogs juga memberikan fasilitas jika Anda ingin mengikuti update dari suatu topik tertentu. Misalnya nih, Anda ingin mengikuti update mengenai ‘mobile application trend’ tanpa terbatas hanya pada blog tertentu, maka Anda tinggal mengklik link yang ada pada kotak no (3). Anda bisa memilih, apakah Anda mau mengikuti dengan menggunakan atom/rss atau google akan mengirimkan email google alert ke akun google Anda.

Biasanya, jika memang ada blog yang bagus, saya akan men-subscribe blog tersebut pada google reader saya. Namun, ada juga blog-blog dimana tidak semua artikelnya ingin saya baca. Saya cuma ingin topik-topik tertentu saja yang tampil di google reader. Untuk masalah ini, fasilitas yang disediakan Google blogs (3) bisa menjadi solusinya.

Sekian artikel mengenai Google blogs. Semoga bermanfaat!