Sekarang ini, siapa sih yang tidak kenal dengan jejaring sosial?? Hampir semua orang memiliki account di facebook, myspace, twitter, plurk, 4sq, dan lainnya. Kebanyakan orang-orang menggunakan situs tersebut untuk mengekspresikan segala sesuatu tentang dirinya. Tapi, ada beberapa hal nih yang tidak boleh dicantumkan pada situs tersebut.

Tempat dan Tanggal Lahir

Survey yang dilakukan oleh Carnegie Mellon, data mengenai tempat dan tanggal lahir dapat digunakan untuk memprediksi password, PIN, atau social number lainnya. Sadarkah Anda bahwa pada nomor KTP Anda terdapat data tentang tanggal lahir Anda?

Rencana Liburan

Jika Anda mem-posting mengenai rencana liburan Anda, ini sama saja dengan mengundang pencuri untuk mengunjungi rumah Anda.

Alamat Rumah

Nah, ini apalagi. Sama saja halnya dengan alasan sebelumnya. Terdapat survey bahwa orang yang mencantumkan alamat rumahnya sering mendapatkan kunjungan dari orang-orang yang tidak mereka kenal dekat.

Confessional (Mengakui Kesalahan)

Terdapat survey yang menyatakan bahwa 8% pemecatan pegawai disebabkan karena hal yang di-posting pada jejaring sosial.

Curhat

Keep things personal, dear. Kita harus belajar untuk memilah-milah, mana hal yang dapat dibagi dengan orang lain dan mana hal yang cukup disimpan untuk diri sendiri. Tidak semua orang ingin membaca permasalahan pribadi pada media umum.

Petunjuk Mengenai Password

Jangan sampai account Anda di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kebiasaan sehari-hari

Seseorang bisa saja menyalahgunakan info yang Anda berikan ini.

[Updated]

Nama Orang Tua

Tambahan dari teman saya Ewa, jangan mencantumkan nama orang tua. Karena beberapa website menggunakan nama orang tua sebagai jawaban dari security question-nya.

Sumber:

http://finance.yahoo.com/family-home/article/110674/6-things-you-should-never-reveal-on-facebook