Dulu, saya menggunakan firefox sebagai default browser di komputer saya. Firefox lebih ringan dan lebih cepat dibandingkan dengan IE. Selain itu, add ons-nya firefox juga bermacam-macam variasinya dan sangat membantu dalam kebutuhan browsing di internet. Saya menggunakan DownThemAll untuk download manager, AutoPager untuk membaca manga, dan FireShot untuk meng-capture halaman yang sedang dibaca. Rasanya tiga add ons itu yang paling sering saya gunakan.

Kemudian Google merilis Chrome. Google meng-claim bahwa Chrome browser yang sangat cepat, bahkan lebih cepat dari firefox. Akhirnya saya coba deh pake Google Chrome. Dan ternyata memang lebih cepat. Tampilannya yang sederhana membuat saya akhirnya memilih Chrome sebagai default browser. Namun, ketika memakai Chrome saya merasa kehilangan add ons yang biasa saya pakai di Firefox. Akhirnya, untuk keperluan tertentu seperti membaca manga atau mendownload file dengan size besar, saya masih menggunakan Firefox. Hal ini sangat merepotkan karena terkadang saya membuka dua browser secara bersamaan.

Tapi, tidak lama kemudian, Google akhirnya merilis Chrome extensions. Mirip seperti add ons Firefox, Chrome Extensions ini dapat didownload dan diinstall untuk melengkapi fitur-fitur Chrome. It’s like a dream come true (berlebihan banget deh hehe). Sekarang Chrome saya sudah dilengkapi dengan extensions yang ciamik. Extensions yang saya gunakan adalah

Proxy Switchy!

Proxy Switchy memudahkan pengguna dalam berpindah pengaturan proxy. Extension ini dapat menyimpan beberapa pengaturan proxy. Sekarang ketika saya di ITB, saya tinggal meng-klik tombol proxy switchy ini untuk berpindah pengaturan proxy.

Awesome Screenshot

Kalau di firefox ada fireshot, nah di chrome ada awesome screenshot. Awesome screenshot menyediakan fitur untuk mengambil screenshot halaman web, baik seluruhnya atau hanya seukuran screen saja. Kelebihannya dari fireshot, awesome screenshot memiliki fitur untuk mengupload langsung gambar yang di-capture. Sehingga ketika kita ingin memasang gambar tersebut di halaman web, cukup copy link dari extension ini.

VerticalTabs

Ketika tab yang dibuka di Chrome sudah terlalu banyak, kita sudah tidak bisa lagi melihat judul halaman web di tab. Bahkan iconnya saja tidak terlihat. Buat Anda yang suka membuka banyak tab sekaligus, VerticalTabs memungkinkan Anda untuk berpindah tab dengan mudah di chrome karena tab ditampilkan secara vertikal.

Session Manager

Extension ini akan menyimpan seluruh tab yang sedang Anda buka pada browser Chrome. Jika Anda ingin membuka kembali session tersebut, tinggal klik pada icon extension, kemudian pilih session yang diinginkan. Extension ini sangat membantu jika Anda sedang melakukan eksplorasi di internet.

Fastest Chrome

Nah, extension ini yang membantu saya untuk membaca manga atau postingan di tumblr. Pengguna Chrome tidak perlu repot-repot untuk meng-klik tombol “Next Page” karena Fastest Chrome secara otomatis akan menampilkan halaman berikutnya pada browser.

Sayangnya belum ada extension download manager untuk browser Chrome seperti DownThemAll pada Firefox. Download manager yang ada pada chrome sekarang kurang reliable (menurut saya). Jika nanti sudah ada extension untuk download manager pada Chrome, lengkap sudah browser favorit saya ini.😀

Anyway, pada waktu saya browsing saya menemukan extension unik ini.

Nothing by Nobody

Hehe.. Ada-ada aja deh..😀