Lagi-lagi saya menulis tentang sistem informasi intelijen (SII) *yeah, I think I kinda inspired by the course and the lecturer..🙂*. IRIC merupakan salah satu contoh SII dan topik dari tesis yang sedang saya kerjakan saat ini.  Tadinya maunya dinamain IRIS (Informatics Research Information Senter) tapi maksa banget ya? hehe.. :p Mungkin ada yang bisa ngusulin nama yang lebih baik? hehe..

IRIC adalah pusat penyimpanan dan akses terhadap sumber daya informasi mengenai penelitian yang dilakukan di teknik informatika ITB. Seluruh TA, Tesis, Laporan Penelitian, Paper, Jurnal, dan artikel-artikel ilmiah lainnya nantinya akan disimpan pada IRIC ini. Secara umum sih sebenarnya mirip-mirip dengan digital library yang ada di ITB, tapi IRIC ini nantinya dapat melakukan text mining terhadap dokumen-dokumen penelitian tersebut sehingga lebih banyak informasi yang bisa didapatkan dari dokumen.

Kenapa sih mesti ada IRIC?

Ketika seorang mahasiswa akan mengerjakan TA, pasti ia akan bertanya-tanya, kira-kira topik apa yang akan saya teliti dalam TA saya? Apakah sudah ada penelitian tentang topik tersebut sebelumnya? Siapa ya dosen yang dapat membimbing saya dalam melakukan penelitian terhadap topik tersebut? IRIC diharapkan dapat membantu mahasiswa ataupun dosen dalam pencarian ide atau topik dari penelitian yang dikerjakan.  Penelitian yang baru dapat memanfaatkan hasil dari penelitian-penelitian yang dilakukan sebelumnya. IRIC ini juga dapat menganalisis keterkaitan antar penelitian.

Contoh kasus nih. Mahasiswa A membangun knowledge management system studi kasus di Perusahaan X. Mahasiswa B  merancang sistem evaluasi knowledge management system, studi kasus di Perusahaan X juga. Mahasiswa B dapat memanfaatkan hasil penelitian Mahasiswa A. Kedua penelitian ini juga dapat dimanfaatkan untuk implementasi knowledge management system di perusahaan-perusahaan lain.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh IRIC ini?

IRIC dapat menyimpan dan menampilkan informasi-informasi yang berkaitan dengan suatu penelitian. Informasi yang ditampilkan antara lain judul, abstrak, kata kunci, tim peneliti (pembimbing dan mahasiswa), waktu penelitian, status penelitian (on progress, finished), citation & reference, rekomendasi daftar penelitian terkait, serta artikel ilmiah apa saja yang sudah diterbitkan terkait penelitian ini.

IRIC dapat menyimpan dan menampilkan profil dosen. Informasi yang ditampilkan antara lain lab keahlian, bidang yang dikuasai, daftar TA, Tesis, dan penelitian yang dibimbing, serta kata kunci penelitian (generated).

IRIC dapat melakukan pencarian terhadap penelitian yang terkait dengan query input dari pengguna.

IRIC dapat menampilkan log aktivitas dari sistem. Misalnya laporan penelitian yang baru disubmit atau update informasi terbaru.

Untuk dosen-dosen atau pihak administrasi di ITB, IRIC juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan laporan mengenai penelitian yang pernah dilakukan. Rencananya, IRIC dapat memberikan informasi trend penelitian berdasarkan kata kunci, penelitian apa yang paling banyak dilakukan dalam waktu tertentu, dan juga cluster dari penelitian yang dilakukan.

Text Mining-nya di bagian mana?

Nah, justru ini fokus dari tesis saya. Rencananya saya akan melakukan pengelompokan terhadap dokumen-dokumen penelitian tersebut (document clustering). Pengelompokan ini dilakukan berdasarkan kata kunci dari penelitian. Kata kunci ini didapatkan dari proses keyword extraction. Cluster penelitian ini akan dimanfaatkan dalam information retrieval dan recommendation system penelitian.

Mungkin tidak semua fungsionalitas dari IRIC akan diimplementasi pada tesis ini. Saya sih berharapnya nanti ada yang mau melanjutkan penelitian saya sehingga IRIC dapat memberikan manfaat yang optimal bagi penelitian di informatika.🙂

Sekian dulu postingan saya, semoga bermanfaat. Ditunggu lho kritik sarannya.

Semangat! ^_^