Pada tulisan sebelumnya, saya telah mengemukakan mengenai tips-tips dalam melakukan penelitian. Hasil dari penelitian tentunya perlu dipublikasikan untuk meng-claim hal-hal yang telah berhasil kita dapatkan, baik dalam bentuk paper ataupun jurnal. Ilustrasinya seperti ini. Mungkin kita semua mengetahui bahwa James Watt adalah penemu mesin uap. Tapi apakah Anda dapat benar-benar memastikan bahwa tidak ada seorang pun yang menemukan prinsip kerja mesin uap sebelum James Watt? James Watt adalah orang yang pertama kali mempublikasikan mengenai cara kerja mesin uap dan beliau melakukan claim terhadap hal tersebut. (Anyway, kasihan ya kalau memang benar ada orang yang sebenarnya telah menemukan prinsip kerja mesin uap sebelum James Watt. hoho.)
Ketika saya mengikuti kuliah metode penelitian, saya mendapatkan materi mengenai bagaimana paper penelitian yang baik. Kali ini, saya akan berbagi mengenai struktur dari suatu paper penelitian
Judul (Title)
Judul dari suatu paper lebih baik dibuat sesingkat mungkin, ‘as specific as necessary, as general as possible‘. Hindari penggunaan akronim, kecuali memang sudah dikenali secara umum. Gunakan kata/frase yang merepresentasikan area penelitian yang dilakukan.
Daftar Penulis dan Kontak (List of authors and contact details).
Nama yang dimasukkan menjadi daftar penulis adalah orang-orang yang memiliki kontribusi intelektual terhadap penelitian yang dilakukan. Nama penulis tidak menggunakan academic degree.
Abstraksi (Abstract)
Abstraksi merupakan gambaran dari penelitian yang dilakukan dan harus dapat memotivasi seseorang untuk membaca paper tersebut. Utarakan secara jelas mengapa penelitian ini penting untuk dilakukan, apa permasalahannya, dan gambaran hasil penelitian. Biasanya abstraksi terdiri dari 100-150 kata.
Kata Kunci (Keywords)
Kata/frase yang merepresentasikan area penelitian, biasanya terdiri dari 3-5 kata.
Pendahuluan (Introduction)
Pendahuluan berisi mengenai area penelitian secara umum, penjelasan tentang permasalahan yang membuat penelitian ini penting untuk dilakukan, outline pendekatan yang digunakan, serta outline isi dari paper.
Penelitian Terkait (Related Works)
Bagian ini berisi mengenai penelitian-penelitian terkait yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Jelaskan kelemahan atau kekurangan dari penelitian tersebut dan bagaimana penelitian yang Anda lakukan dapat melengkapi penelitian sebelumnya.
Bagian Utama (Body of the paper)
Bagian ini berisi mengenai langkah-langkah penelitian yang dilakukan serta bagaimana pengujian dilakukan terhadap hasil penelitian.
Kesimpulan dan Penelitian Selanjutnya (Conclusion and Future Works)
Bagian ini berisi kesimpulan dari penelitian yang dilakukan, claim Anda terhadap hasil penelitian, implikasi/kontribusi penelitian yang dilakukan, serta saran untuk penelitian yang dapat dilakukan selanjutnya.
Daftar Referensi (References)
Referensi yang digunakan dalam menyusun paper.
Setelah mendapatkan materi ini dan mengevaluasi paper yang saya buat, *sigh* saya menyadari betapa acak-acakannya paper yang telah saya kirimkan, baik pada KNSI ataupun ICEEI. Rasanya ingin menarik kembali paper tersebut, memperbaiki, kemudian meng-submit ulang paper tersebut. Ah, rasanya malu kalau paper itu dibaca orang. Huhu..
Anyway, bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah S2 atau S3, latihanlah menulis paper dari sekarang (practice makes perfect). Apalagi jika Anda ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Biasanya dalam penyusunan tesis atau disertasi, ada target jumlah publikasi yang harus dipenuhi terkait penelitian yang dilakukan. Selain itu, kualitas dari konferensi dimana Anda meng-submit paper juga diperhitungkan. Dan ketahuilah bahwa konferensi yang berkualitas juga menerapkan standar tinggi terhadap paper-paper yang akan dipublikasikan. Akan menjadi suatu kebanggan tersendiri jika paper Anda dipublikasikan pada konferensi setaraf ACM. :)
Sekian saja tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda semua dan semoga tidak ada lagi yang bingung bagaimana caranya menulis paper penelitian yang baik.
Tetap semangat!! ^_^
Sumber :
Ullrich Hustadt. Structure of Research Papers. Bahan kuliah metode penelitian. Dapat di-download di sini.
About these ads